Senin, 06 Maret 2017

Melirik Peluang Usaha Ikan Pari Air Tawar

Ikan pari air tawar dalam beberapa tahun belakangan ini mulai populer di kalangan pencinta ikan hias. Peminatnya di pasaran semakin bertambah dari hari ke hari. Oleh karena itu, peluang usaha ikan hias ini masih sangat terbuka lebar bagi siapa yang ingin mencoba peruntungannya di bisnis perikanan.
Salah satu ikan hias air tawar yang pamornya sedang naik adalah ikan pari. Harga jual ikan air tawar ini sangatlah tinggi dengan peminat yang sangat banyak membuat pembudidaya ikan hias ini dapat meraup omzet hingga puluhan juta dalam satu bulan. Sangat menjanjikan bukan?

Ikan pari air tawar merupakan spesies ikan yang paling banyak ditemui di sepanjang Sungai Amazon dan beberapa negara di Amerika Selatan seperti Peru, Kolumbia, hingga Brasil.
Ikan air tawar memiliki bentuk tubuh yang unik ditambah cara berenangnya yang seperti terbang mengepakkan sayap membuatnya tak kalah dengan ikan hias lainnya.
Ada beberapa jenis ikan pari air tawar, tetapi yang paling populer adalah jenis Leopoldi. Jenis ini adalah ikan pari air tawar yang paling mahal karena motifnya yang unik dengan tutul putih di warna tubuhnya yang hitam.
Di Indonesia jenis ikan pari Motoro adalah yang paling banyak diburu dan dibudidaya karena harganya yang masih terjangkau dibanding jenis ikan yang lain. Sebagai salah satu jenis ikan hias, peluang usaha untuk membudidaya ikan pari air tawar ternyata terbukti cukup mentereng. Daniel Wijaya, pehobi sekaligus pembudidaya ikan hias yang mulai merintis usaha budidaya ikan air tawar sejak 2012 silam.
Dalam pemasaran ikan ini, Daniel aktif menjual ikan pari air tawar melalui internet. Menurutnya, banyak pelanggan datang dari kalangan sesama pencinta ikan hias yang kebanyakan berasal dari Jakarta, Tangerang, dan Bandung.
“Untuk di luar Pulau Jawa belum ada karena saya sendiri belum berani ekspansi ke sana,” kata Daniel.
Sekali bereproduksi, ikan air tawar ini memiliki berukuran 35—40 cm akan menghasilkan dua ekor sampai tiga ekor anak ikan. Proses ini akan terjadi satu hingga tiga bulan sekali.
Dalam membudidayakan ikan ini, Daniel memelihara tiga ekor ikan dalam kolam ukuran 3 × 1,5 meter dan delapan akuarium. Harga jual ikan pari air cukup mahal, yakni berkisar dari Rp500.000 hingga Rp 20 juta per ekor.
Pembudidaya ikan hias lain yang telah sukses berkat bisnis ikan pari air tawar adalah Hendy Sebastian.
Hendy awalnya memang suka merawat ikan hias dan mulai mendirikan usaha budidaya ikan hias sejak 2010 di bawah naungan Aqua Premiere di bilangan Penjaringan, Jakarta Utara.
Dengan lahan 110 m2, Hendy memelihara ikan pari di dalam akuarium dengan ukuran masing-masing 1,5 × 2 meter.
Sekarang ini, penjualan pari air tawar cukup ramai. Bahkan, jenis ikan ini sedang naik daun. Di pasar, harga jual ikan hias ini mencapai Rp350.000 hingga Rp10 juta, tergantung ukuran dan motif, Hendy mengaku mampu meraup omzet Rp20 juta per bulan.

0 komentar:

Posting Komentar